Ads Right Header

Buy template blogger

Membaca Buku Membaca Jendela Dunia

Jefri Tenouye 

Membaca buku adalah membaca dunia, membaca dapat kita lihat dan memahami imajinasikan Carita dari tulisan penulis suatu buku untuk merenung dan memahami isi buku tersebut.

Barangkali Bagi kita harus bisa mengupayakan memaksimalkan membaca agar manfaat dari membaca buku, dapat kita berinteraksi dalam suatu bidang sekaligus memberi perubahan positif bagi lingkungan kita.

Doktrin  positifnya membaca buku yang bisa dan biasakan diri dengan cara memulai, berikut ini adalah gambaran umum untuk membaca buku :

1. Biasakan membaca buku sampai habis dan menyeluruh

Banyak dari kita, yang membaca hanya mengambil beberapa bagian buku. Tanpa membaca secara keseluruhan isi buku gagasan utuh sang penulis tidak dapat diketahui secara menyeluruh.

2. Membaca merupakan aktifitas yang positif tapi bisa berubah negatif jika Anda tidak berhasil memahami secara menyeluruh sudut pandang penulis.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca secara keseluruhan sebuah buku 2x atau 3 x.

3. Membaca dan menulis merupakan satu paket yang tidak terpisahkan. Keduanya saling dibutuhkan dalam rangka mengisi satu sama lain.

mencatat buku Anda yang suka membaca, harus menulis untuk mengikat makna, meningkatkan daya ingat, mengabadikan ilmu, dan sebagai tanggung jawab kita sebagai orang yang berilmu.

Sedangkan Anda yang suka menulis, harus membaca setiap hari untuk mendapatkan energi,makna dan pemahaman baru yang akan menjadikan tulisan semakin berkualitas.

4. Cobalah mengulas buku yang kita baca

Tidak banyak para pecinta buku yang biasa mengulas buku yang telah dibaca. Padahal aktivitas mengulas buku memiliki manfaat yang banyak.

mengulas buku Pertama, mengulas buku dapat membantu meningkatkan daya ingat dan pemahaman Anda terhadap sebuah buku yang baru Anda baca.

5. Diskusikan buku yang Anda baca

Kegiatan diskusi mengenai buku membuat Anda semakin bijak dalam melihat sesuatu. Anda akan mampu melihat berbagai sudut pandang berbeda terhadap suatu permasalahan.

Diskusi buku Dengan mendiskusikan buku, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tambahan dari orang lain, melatih diri untuk menerima sudut pandang berbeda dan sebagai sarana mengasah keterampilan public speaking.

ilmu Anda tidak akan berkurang sedikitpun. Sebaliknya Anda akan semakin memahami ilmu tersebut.

Ilmu yang dibagi dengan ikhlas, akan menjadi investasi jangka panjang, yaitu amal untuk kehidupan akhirat. Inilah hal yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Dengan berbagi ilmu, Anda akan semakin haus dengan kegiatan membaca. Anda bukan saja tahu akan manfaatnya, melainkan Anda juga semakin merasakan dan paham akan nikmatnya membaca.

Terimakasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat buat anda yang akan kunjungan tulisan saya 

Penulis : Jefri tenouye

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 1

Ads Post 2

Ads Post 3

Ads Post 4